Mamuju, 10 Januari 2024 – Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setda Sulawesi Barat, Subbagian BUMD Air Minum, Limbah dan Sanitasi menggelar Rapat Internal sebagai tindak lanjut dari rapat Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan pada hari Rabu, 3 Januari 2023 tentang Rapat Konsolidasi Internal Awal Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat H. Masriadi Nadi Atjo, SE., M.Si, Rapat tersebut juga membahas terkait Penandatanganan Pakta Integritas Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Subbagian BUMD Air Minum, Limbah dan Sanitasi menyusun langkah-langkah pelaksanaan kegiatan untuk mendukung pencapaian target Biro Ekbang tahun 2024.

Rapat yang dihadiri oleh kasubag dan staf serta dipimpin langsung oleh KabagĀ  BUMD dan BLUD Djamaluddin, S.Pd.,M.AP yang membahas beberapa poin yakni :

  1. Optimalisasi Peran Bidang BUMD: untuk meningkatkan peran BUMD dalam penyediaan air minum di wilayah Sulawesi Barat. Bidang BUMD akan terus berkoordinasi dengan PDAM memastikan ketersediaan air bersih yang memadai bagi seluruh masyarakat.
  2. Sumber Data Kabupaten: Subbagian BUMD Air Minum, Limbah dan Sanitasi melakukan Koordinasi ke Kabupaten terkait Data Perhitungan Tarif Air Minum Provinsi.
  3. Tarif Air Minum Provinsi: Pemerintah Provinsi dalam hal ini Biro Ekbang menetapkan Tarif Air Minum Provinsi tahun 2024 dengan melibatkan BPKP dan Perpamsi.
  4. Penyuluhan dan keterlibatan Masyarakat: Pentingnya program penyuluhan dan keterelibatan masyarakat. Edukasi mengenai pentingnya air bersih dan sanitasi yang baik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta menggalang dukungan aktif dalam menjaga keberlanjutan program ini.

“Rapat ini mencerminkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sulawesi Barat. Dengan sinergi antara BUMD, dan partisipasi masyarakat, kami yakin dapat mencapai target target yang telah ditetapkan dalam pengembangan sektor air minum dan pengelolaan limbah sanitasi,” kata Djamaluddin.

Langkah-langkah yang dihasilkan dari rapat ini diharapkan dapat segera diimplementasikan untuk memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat.

By Njr