Mamuju, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat menghimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana. 

Hal ini disampaikan Plt Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah atas arahan PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Kamis 04/04/2024

Yasir menyampaikan, kepada seluruh BPBD Kabupaten diharapkan meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi berbagai dampak yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca ekstrem dan potensi bencana alam.

Dia juga berharap agar BPBD provinsi dan kabupaten berkoordinasi secara berkala untuk mengetahui informasi dan perkembangan kondisi cuaca di setiap wilayah. 

“Koordinasi yang baik antar BPBD Kabupaten dan juga BPBD Provinsi sangat diperlukan untuk memastikan respons yang cepat dan efektif dalam menghadapi berbagai situasi darurat akibat bencana alam,” ujarnya.

Selain itu, BPBD Sulawesi Barat juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan meminimalisir aktivitas di luar rumah, terutama pada saat kondisi cuaca ekstrem atau potensi bencana tinggi. Masyarakat juga diminta untuk menyiapkan tas siaga yang berisikan perlengkapan darurat serta untuk aktif mencari informasi terkait cuaca dan potensi bencana melalui media massa maupun media sosial.

“Kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap menghadapi potensi bencana. Pastikan untuk selalu memperoleh informasi terkini terkait cuaca dan potensi bencana melalui sumber yang terpercaya, seperti BMKG dan BPBD,” kata Muhammad Yasir Fattah.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebanyak 15 daerah termasuk Sulawesi Barat saat ini berstatus waspada terhadap dampak cuaca ekstrem. Oleh karena itu, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari seluruh pihak diharapkan dapat mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh potensi bencana alam.

Dengan sinergi antara BPBD, masyarakat, dan berbagai instansi terkait lainnya, diharapkan Sulawesi Barat dapat menghadapi potensi bencana dengan lebih baik serta mengurangi risiko terjadinya kerugian baik dari segi korban maupun kerusakan materiil.

Penulis : BPBD

Editor : humassulbar

By Njr