MAMUJU, – Gerakan Toilet Bersih yang dilaksanakan Pemprov Sulbar melalui arahan Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh terus dioptimalkan khususnya di pusat layanan transportasi publik seperti terminal, pelabuhan dan bandara.

Hingga kini tim satgas Tolsih bersama OPD Pemprov Sulbar terus memassifkan penyediaan toilet bersih di layanan publik utamanya di sejumlah fasilitas layanan transportasi publik.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar Maddareski Salatin, mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada seluruh pusat layanan transportasi publik baik itu di terminal, pelabuhan dan bandara. 

Penilaian Toilet Bersih juga telah dilakukan, dan hasilnya di sejumlah layanan transportasi yang masih menduduki peringkat pertama penilaian toilet terbersih yaitu Bandara Tampa Padang Mamuju. 

“Dari hasilnya, itu Bandara Tampa Padang masih menjadi Juara bertahan, karna memang diantara toilet yang terbersih itu Bandara Tampa Padang,” kata Maddareski.

Begitu juga, untuk bandara Sumarorong Kabupaten Mamasa juga sudah sangat bagus. Dua toilet ini menjadi penilaian dari sisi Perhubungan Udara.

Sementara, Untuk perhubungan laut itu yang masuk dalam penilaian yaitu UPT Kelas III, kemudian UPT tanjung Silopo dan Pelabuhan Fery Mamuju.

“Kita lihat sementara ini, UPT Kelas tiga masih jadi yang pertama,” ucap Maddareski.

Dishub juga telah mengklasifikasikan beberapa terminal, menurutnya dari hasil penilaian yang dilakukan Terminal Simbunang masih menjadi yang terbaik.

“Terminal Simbuang Mamuju, masih mendominasi selain mungkin karena masih baru juga karena terjaga kebersihannya,” terangnya.

 Sehingga, dari hasil penilaian keseluruhan di tiga klaster seperti terminal, pelabuhan dan bandara.

“Bandara Tampa Padang Mamuju masih menjadi yang terbaik dari tiga klaster, kemudian disusul Terminal Simbuang dan UPT Kelas III Mamuju,” ucapnya.

Pihaknya memastikan setiap toilet di fasilitas layanan publik khususnya yang berkaitan dengan transportasi berharap dapat termotivasi sehingga dapat menjadikan toilet menjadi toilet tetap bersih dan nyaman.

“Kita terus mendorong, seluruh fasilitas layanan khusus terminal seperti terminal tipe C bisa melakukan perbaikan dan membuat fasilitas toilet yang bersih,” ucap Maddareski.

Ia mengatakan, komitmen Pemerintah Provinsi Sulbar menghadirkan Tolsih di sejumlah fasilitas layanan publik terus didorong dengan baik sejalan dengan instruksi Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh.

By Njr