Mamuju–Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menekankan penguatan fungsi perencanaan, pengendalian dan evaluasi terhadap program prioritas Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Itu disampaikan dalam rapat virtual bersama seluruh Pegawai Bapperida Sulbar, yang dilaksanakan usai Apel dan Doa Bersama Lingkup Pemprov Sulbar, Senin (6/5/2024).

“Berkaitan dengan program strategis, perlu konsistensi dari masing – masing bidang untuk memainkan peran dalam menjalankan fungsi perencanaan, pengendalian dan evaluasi program. Ini penting, sebagaimana Tusi kita Bapperida di bidang perencanaan, utamanya pada program strategis di masing-masing OPD, ” kata Junda Maulana, Kepala Bapperida Sulbar.

Olehnya itu, Junda meminta setiap bidang melakukan cascading dari program prioritas. Ini dalam rangka kontrol program yang berdampak langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat. Ia berharap hal itu dilaporkan dan disiapkan sebelum pelaksanan Rapim Semester 1 Tahun 2024.

“Kita perlu memastikan program – program strategis itu, utamanya berkaitan dengan kemiskinan, stunting, pernikahan anak, anak tidak sekolah dan pengendalian inflasi, benar – benar tertuang dalam perencanaan dan dilaksanakan secara efektif,” tandasnya.

Dia juga meminta semua jajarannya meningkatkan kinerja dan melakukan penjadwalan, agar tidak terjadi penumpukan pekerjaan.

By Njr