Jakarta–Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Junda Maulana bersama Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh menghadiri Seremoni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senin (6/5/2024).

Kegiatan ini digelar dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Musrenbangnas ini dihadiri sejumlah Menteri dan Kepala Daerah beserta Kepala Bappeda Seluruh Indonesia.

Menurut Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana, rangkaian Musrenbangnas tersebut telah berlangsung sejak tanggal 29 April, dengan adanya pelaksanaan desk pembahasan usulan kewilayahan dan SDGs hingga tanggal 8 Mei nanti.

“Musrenbangnas tadi dibuka langsung oleh Bapak Presiden. Presiden mengingatkan mengenai harmonisasi dan sinkronisasi perencanaan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah agar pembangunan bisa sejalan dan seirama,” tutur Junda Maulana yang ditemui usai kegiatan seremoni.

Selain itu, lanjut Junda, Presiden juga menekankan pemanfaatan anggaran untuk pelaksanaan program-program kerja yang berorientasi pada hasil, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Inilah yang kita dorong bersama Bapak Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh di jajaran Pemprov Sulbar, agar mengubah mindset. Jangan sampai anggaran habis tapi tidak memiliki dampak ke masyarakat,” tutupnya.

By Njr