Mamuju— Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan rapat persiapan kunjungan Pj. Ketua TP-PKK Sulbar Ny. Sofha Marwah Bahtiar ke Posyandu di Wilayah Kerja PKM Rangas dan PKM Binanga Kabupaten Mamuju.

Rapat berlangsung, Rabu, 05 Juni 2024, di Ruang Rapat Sekretaris Dinas Kesehatan Sulbar. Sesuai rencana, Pj. Ketua TP-PKK Sulbar akan berkunjung ke Posyandu di Wilayah Kerja PKM Rangas dan PKM Binanga pada Kamis 06 Juni 2024.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sulbar, Mahdiana, dalam rapat menyampaikan, kunjungan Pj. Ketua TP-PKK Sulbar bertujuan untuk mendukung program Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024. 

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan aksi nyata dalam mengurangi angka stunting di wilayah tersebut,” kata Mahdiana.

Berikut adalah 10 (Sepuluh) arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendukung Intervensi Serentak Pencegahan Stunting :

1. Memastikan dilakukan pendataan seluruh Catin, ibu hamil dan balita yang ada di wilayah kerjanya untuk menjadi sasaran.

2. Memastikan seluruh Catin, ibu hamil dan balita mendapatkan pendampingan serta memastikan datang ke posyandu.

3. Memastikan alat antropometri terstandar tersedia di posyandu.

4. Memastikan seluruh kader posyandu memiliki keterampilan dalam penimbangan dan pengukuran antropometri terstandar serta penyuluhan untuk ibu hamil dan balita.

5. Memastikan penimbangan dan pengukuran menggunakan alat antropometri terstandar.

6. Memastikan intervensi PMT pangan lokal diterima ibu hamil dan balita yang bermasalah gizi.

7. Memastikan seluruh ibu hamil dan balita diberikan edukasi di posyandu.

8. Memastikan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran serta intervensi ke dalam sistem informasi di hari yang sama melalui EPPGBM.

9. Memastikan dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Intervensi Serentak.

10. Memastikan ketersediaan pembiayaan pelaksanaan intervensi serentak termasuk rujukan kasus ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Dengan adanya rapat ini, diharapkan kunjungan Pj. Ketua TP-PKK Sulbar dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan stunting. Dinas Kesehatan Sulbar berkomitmen untuk terus mendukung program-program kesehatan yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

By Njr