Majene–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diwakili oleh Pejabat Pembuat Komitmen, Ansarullah dan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Alexander melakukan distribusi bantuan tempat sampah terpilah di Desa Bonde, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene pada Kamis, 20 Juni 2024.

Desa Bonde merupakan salah satu lokasi Program Kampung Iklim (Proklim) yang ada di Majene. 

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Sulbar, Alexander mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk upaya DLH Sulbar untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat. 

“Upaya ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat setempat dalam hal pengelolaan sampah rumah tangga, terutama yang berada di wilayah pesisir sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampahnya di pinggir pantai atau ke laut,” kata Alexander.

Sejalan dengan pemberian bantuan tempat sampah ini, Pemerintah Desa Bonde yang juga difasilitasi oleh DLH Sulbar telah melakukan kerja sama dengan Komunitas Relawan Siaga 86 untuk melakukan pengelolaan sampah terpilah dari warga setempat, yang kemudian akan diolah kembali menjadi barang berguna dengan sistem Bank Sampah. 

Kepala Desa Bonde, Awaluddin menyatakan hal itu tentunya akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat tapi juga bagi lingkungan sekitarnya karena sampah-sampah yang dulunya dibuang ke pinggir pantai atau bahkan ke laut sekarang sudah bisa dipilah, dikumpul dan dijual serta dihargai sesuai dengan kesepakatan antara masyarakat dan pihak Relawan Siaga 86. 

“Bahkan dari hasil penjualan sampah terpilah ini, dapat menjadi tabungan emas nantinya, karna Komunitas Relawan Siaga 86 telah bekerjasama dengan pihak Pegadaian Majene untuk program “Menabung Sampah Jadi Emas,” tutur Awaluddin.

By Njr