Bone–Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar), Muhammad Yasir Fattah, turut mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, dalam kunjungan ke Perkebunan Pisang Cavendish di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin 24 Juni 2024.

Pj. Gubernur Bahtiar juga didampingi sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulbar lainnya. Dalam kunjungannya bersama rombongan, berkesempatan untuk berdialog langsung dengan petani pisang Cavendish, bagaimana cara petani menghadapi potensi risiko bencana yang mungkin terjadi di sekitar area perkebunan. Kedatangan mereka juga bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan petani tentang mitigasi bencana. 

Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah, menyampaikan dalam kunjungan itu diperlihatkan bagimana kerja sama antara pemerintah daerah, petani, dan instansi terkait dalam mengelola potensi risiko bencana alam, terutama dalam konteks pertanian.

Yasir Fattah mengapresiasi upaya petani dalam menjaga keberlanjutan produksi pisang Cavendish sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang dapat mengganggu aktivitas pertanian.

Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur Bahtiar memperlihatkan kepada Yasir Fattah dan kepala OPD lainnya bagaimana di Kabupaten Bone sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya pencegahan bencana serta optimalisasi sumber daya lokal untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagaimana cara memperkuat koordinasi dan kerja sama antara berbagai pihak dalam menghadapi potensi bencana dan meningkatkan ketahanan pangan yang bisa diterapkan di Sulbar. 

By Njr