Sulawesi Barat – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Sulawesi Barat (Diskominfo Perss) menggandeng Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-sulbar untuk mengkampanyekan tagar #PakaiProdukSendiri. Kampanye ini berlangsung dari 9 hingga 16 Desember 2024, bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang dirayakan setiap tahun pada 10–16 Desember.

Inisiatif ini bertujuan mendukung upaya peningkatan perekonomian nasional, khususnya di Sulawesi Barat, melalui peningkatan pembelian produk lokal. Langkah ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat.

KIM dipilih sebagai mitra strategis karena keunikannya yang variatif di Sulawesi Barat, mencakup pelaku UMKM di sektor pariwisata dan usaha jajanan rumahan online, kreator konten digital, kelompok pertanian hingga penggiat seni dan budaya. Peran KIM yang dekat dengan masyarakat dinilai mampu membangun kesadaran, pemahaman, serta partisipasi masyarakat terhadap pentingnya mendukung produk lokal.

“Kampanye ini bukan hanya soal meningkatkan transaksi belanja, tetapi juga untuk membangkitkan rasa bangga menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggandeng KIM, kami yakin pesan kampanye #PakaiProdukSendiri akan lebih mudah tersampaikan ke masyarakat luas,” ujar Kepala Dinas Kominfo Mustari mula, S. Sos MAp kepada kim trikora melalui pesan whatsapp. 

Menurut data tahun 2023, nilai transaksi Harbolnas di tingkat nasional mencapai Rp25,7 triliun. Tahun ini, diharapkan terjadi peningkatan sebesar 15 persen, sehingga angkanya diproyeksikan mencapai Rp28 triliun. Melalui kampanye ini, Dinas Kominfo Sulbar berharap kontribusi dari produk lokal di wilayah Sulawesi Barat dapat semakin signifikan.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan masyarakat semakin aktif mendukung dan membeli produk-produk lokal, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional secara bersamaan. (Indra kim trikora)

By Njr